10 Film Thailand Favorit

Bisa romantis tanpa harus ada adegan aktor dan aktris utamanya berpagutan bibir, inilah salah satu hal esensial kenapa aku suka film roman asal Thailand. Walaupun mungkin ada beberapa orang nggak suka karena bahasanya terdengar aneh dan cempreng di kuping, tapi menurutku Thailand adalah salah satu negara yang layak dijadikan kiblat film komedi romantis. Keadiktifan ini juga yang jadi alasanku memutuskan berlibur ke Thailand bulan lalu dengan modal cuma bisa ngomong sawadi kap dan kop kun kap.

Formula film Thailand biasanya begini: roman + komedi, horor + komedi, atau yang murni horor. Karena nggak terlalu suka film horor, film Thailand favoritku hampir semuanya bergenre rom-com.

Nah, inilah 10 film Thailand favoritkudiurutkan dari yang suka sampai yang paling suka:


May Who (2015)
Film roman komedi berbalut fantasi, judul lainnya May Nai Fai Rang Frer. Bercerita tentang siswa kurang populer bernama Pong, yang naksir siswi cantik bernama Ming. Lalu siswi kurang populer bernama May, yang naksir kakak kelas atletis bernama Fame. Sebuah peristiwa mendekatkan Pong dan May, membuat mereka saling membantu untuk mendapatkan pasangan impian masing-masing. Yang lucu dan seru, ternyata karakter Pong di sini ahli bikin komik dan May punya kekuatan listrik yang dirahasiakannya.


One Day (2016)
Bercerita tentang Denchai, petugas IT yang selalu dalam kesendirian, dan kehadirannya di kantor hanya dianggap ketika ada yang butuh bantuan soal komputer. Denchai diam-diam naksir dengan Nui, pegawai berparas cantik yang bekerja bagian marketing. Dalam sebuah acara perjalanan kantor ke resor ski di Hokkaido, Nui mengalami kecelakaan saat bermain ski, kemudian membuatnya kehilangan memori ingatan sementara yang hanya berlangsung selama satu hari. Tanpa dinyana, Denchai memanfaatkan momen ini untuk mengaku-ngaku jadi pacar Nui. Agak berengsek memang, tapi entah kenapa jadinya so sweet.

ATM: Er Rak Error (2012)
Sepasang kekasih yang bekerja di bank dan melakukan hubungan 'terlarang' antara atasan dan bawahan. Hubungan rahasia keduanya baik-baik saja, sampai muncul konflik yang disebabkan kesalahan pemasangan software di sebuah unit ATM. Dua sejoli ini terpaksa turun tangan untuk mencari nasabah dan menagih kerugian yang disebabkan erornya ATM tadi. Konfliknya seru dan lucu!

The Little Comedian (2010)
Film dengan judul asli Baan Chan Talok Wai Gon ini bercerita tentang anak laki-laki berusia 13 tahun bernama Tock, hidup di dalam keluarga yang semua anggotanya memilik bakat menjadi komedian. Tock diminta ayahnya untuk melanjutkan estafet menjadi komedian, tapi masalah timbul saat disadari ternyata Tock nggak ada bakat melucu sama sekali. Leluconnya garing parah! Satu-satunya yang bisa tertawa mendengar lawakan Tock hanyalah seorang dokter cantik spesialis kulit bernama Ice. Walaupun tokohnya garing kayak bakwan baru diangkat dari penggorengan, tapi film ini malah jadi sangat menghibur.

SuckSeed: Huay Khan Thep (2011)
Diceritakan Ped naksir Ern saat masih duduk di bangku SD, tapi cintanya terpaksa kandas karena Ern tahu-tahu pindah ke Bangkok. Waktu SMA, mereka bertemu lagi karena Ern menjadi murid baru di sekolahnya Ped. Selain tentang cinta terpendam, film ini juga mengisahkan perjuangan Ped bersama Khung dan Ex membentuk band populer di sekolah. Cocok ditonton untuk bernostalgia ke masa putih abu-abu, walaupun di Thailand seragamnya beda warna (sangat informatif).

The Billionaire (2011)
Film yang judul lainnya Top Secret: Wai Roon Pun Lan ini diangkat dari kisah nyata Top Ittipat, pria yang sukses menjadi miliarder di usia muda. Menceritakan tentang Top yang pernah menjadi pencandu online game, putus sekolah, menjadi penjual kacang, keluarganya yang bangkrut dan banyak utang, tapi kemudian bangkit dengan tao kae noi-nya yang legendaris itu. Kegigihan patut dicontoh. Inspired!

I Fine..Thank You Love You (2014)
Judul lainnya Ai Fai Thank You Love You. Bercerita tentang wanita muda yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris bernama Pleng, yang mendapat masalah karena dituduh sebagai penyebab kepergian pacar seorang pria. Pria tersebut bernama Gym, yang kemudian menuntut tanggung jawab Pleng untuk mengajarinya bahasa Inggris agar bisa mengejar kekasihnya yang pergi ke Amerika. Di situlah benih cinta di antara keduanya timbul. Banyak adegan lucu di film ini walau terkesan komikal, misalnya waktu Gym menarik cawat remaja iseng yang memotret rok Pleng. Ditariknya sampai robek pula. Ya Rabb...

Hello Stranger (2010)
Berjudul asli Kuan Meun Ho, salah satu film dengan premis menarik. Tentang laki-laki dan perempuan yang berasal dari Thailand, secara nggak sengaja bertemu di Korea. Uniknya, mereka berkenalan tanpa memberi tahu nama masing-masing. Bahkan di sepanjang film nama mereka nggak pernah disebut. Bisa ditebak ke arah mana hubungan mas dan mbak anonim ini akan berlanjut. Alurnya romantis, tapi ending ceritanya memancing cucuran air mata.

A Little Thing Called Love (2010)
Kisah gadis culun naksir kakak kelas ganteng mungkin terdengar biasa, tapi film yang berjudul asli Sing Lek Lek Tee Reak Wa Rak ini dikemas dengan lebih dramatis sekaligus menghibur. Film yang bikin geregetan karena terbawa suasana cinta terpendamnya Nam dan Khun. Selain cecintaan ala remaja, film ini juga berisi tentang persahabatan antara Nam dan tiga temannya yang karakternya lucu-lucu. Pokoknya ini jenis film yang menguras emosi, dan jadi salah satu film remaja terbaik yang pernah kutonton.

The Teacher's Diary (2014)
Film drama romantis antara dua orang guru di sebuah sekolah apung. Uniknya, mereka saling tertarik padahal nggak pernah bertemu dan cuma berhubungan secara nggak langsung lewat sebuah buku diary. Selain romantis dengan caranya sendiri, film berjudul asli Khid Thueng Withaya ini juga berisi muatan pendidikan yang bikin haru. Satu-satunya film yang berhasil bikin aku mewek selang beberapa jam setelah menontonnya. Gila kan efeknya.


Kalau diperhatikan dari semua deskripsi film di atas, aku nggak pernah menyebut nama pemain filmnya. Selain karena memang agak ribet diketik, juga karena menimbang bahwa ada kecenderungan seseorang yang cuma mau nonton film gara-gara lihat nama pemainnya. Misalnya, ada temanku cewek yang cuma mau nonton filmnya Mario Maurer. Ini fenomena yang agak meresahkan. Karena penasaran kenapa cewek-cewek lebih berhasrat ke aktor Thailand yang namanya paling mudah dieja ini, waktu liburan ke Bangkok kemarin aku jadi iseng survei langsung. Kebetulan lokasinya di salah satu bilik Thai massage.

"Do you know him?" tanyaku ke mas-mas yang lagi asyik memijat punggung, sambil menunjukkan foto di akun Instagram Chantavit Dhanasevi. 
Beliau menggeleng dengan cekatan. 
"Him?" Berikutnya aku membuka akun Instagram Jirayu La-ongmanee. 
"ไม่ทราบ," jawab masnya seraya masih memijat bagian tubuh lain tapi bisa kupastikan masih di area aman. Masnya ngomong apa, sih? 
"Nah, do you know this guy?" Aku menunjukkan foto aktor Thailand terakhir yang aku follow. 
"Oh, Mario!" jawabnya antusias.

WELL...

Selain film di atas, sebenarnya masih ada beberapa film lain yang menurutku bagus: Bangkok Traffic (Love) Story (2009), My True Friend (2012), Timeline (2014), Heart Attack (2015) tapi nggak begitu favorit. Atau film berformat omnibus kayak Hormones (2008), 4bia (2008), Phobia 2 (2009), dan Seven Something (2012) yang nggak masuk favorit karena filmnya dibagi jadi empat cerita yang nggak semuanya bisa disukai secara keseluruhan.

Nah, kalau kamu, film Thailand favoritmu yang mana?



UPDATE!

Beberapa film Thailand favorit yang kutonton setelah daftar ini dibuat, selanjutnya akan aku update di sini: http://www.imdb.com/list/ls020512356/

Posting Komentar

43 Komentar

  1. Suckseed, A Little Thing Called Love, sama Hello Stranger saya udah nonton dong yeeaaah!!!

    Saya masih inget, waktu itu kita nonton Suckseed pas lagi bolos kuliah rame-rame. Dan kita semua ketawa! Hahaha anjis menghibur banget itu film. Apalagi pas adegan nyanyi sambil marah-marah itu.

    Dilihat dari sinopsis di atas, aku sungguh tertarik nonton A Little Comedian dan The Billionaire yeeaaah!

    BalasHapus
  2. Hampir sama dengan 10 daftar film favorit saya. Bedanya, nggak ada One Day sama Fine Thank You doang. Karena saya masukin Pee Mak sama Jan Dara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos!

      Pee Mak suka juga, tapi digeser One Day karena pas nonton kebawa suasana. Hhh.

      Kalau Jan Dara jadi favorit Haris, berarti aku harus tonton ulang. Soalnya dulu mnontonnya skimming ke adegan-adegan tertentu. :D

      Hapus
    2. Yuk, Bang Haris. Nonton Jan Dara sama aku. ^__^

      Hapus
  3. Dari 10, aku cuman baru nonton Top Secret doang. Suka filmnya, tapi gak favorit. Justru favorit aku Seven Something :D

    Ini aku simpen semua list-nya buat dicari filmnya, hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seven Something paling suka cerita yang pertama, tema remaja tentang kecanduan media sosial. Cerita lainnya nggak begitu suka.

      Hapus
  4. Hampir udah nonton semua hahaha. Komedinya film thailand emang juara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komedinya juga related ya ke kita, mungkin karena masih sesama rumpun Asia. Humor receh aja kadang lucu banget. :D

      Hapus
  5. wah seleranya sama nih. kalo ane udah nonton semua yg ada di list. buat yg gak suka film anti klimaks jangan ngomel yah kalo nonton film thailand, apalagi yg kemaren baru tayang "one day" itu top banget. kalo adalink downloadnya share yah gan :p hehe

    BalasHapus
  6. JAN DARA MANAAAA? ITU FAVORIT KAAN. UHHH.

    Yang Top, aku suka banget, Kakang. Gila ya, di saat ceritain kisahnya ke pegawai bank, pegawai itu sampe nangis. :(

    BalasHapus
  7. Pernah nonton I Fine, Thank You Love You doang. Tetep nggak suka. Ehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok ada 2 judul yg blm aku tonton, jd cusss malam ini mari kita selesaian secara manja

      Hapus
  8. gue dulu sempat download film thailand yg nyeritain penyuka sesama jenis, tapi cowo, bukan yg cewe itu, anjir, menyesal nontonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Love of Siam, bukan? Itu Mario Maurer masih kinyis-kinyis. Coba nonton Water Boyy, lebih parah. Muahaha.

      Hapus
  9. ATM Error favorit sih. Apalagi yang versi seriesnya. Kocak + romantisnya manteb!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wogh, aku belum nonton yang series. Soalnya agak keganggu sama efek 'sorakan' ala ala sitkom di filmnya.

      Hapus
  10. Pengen nonton One Day. Sepertinya menarik.
    Paling baru kan ya di antara list itu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, malah baru turun layar dari bioskop bulan lalu. Hehe.

      Hapus
  11. Tambahin satu lagi bang " the apple of my eye " :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka juga, tapi nggak bisa dimasukin sini. Soalnya itu film Taiwan, bukan Thailand. :D

      Hapus
    2. setidaknya ada kata tai tai nya lahh, walaupun beda nama belakangnya hem

      Hapus
  12. Saya paling favorit sama filmnya Suck seed, beserta bocah bayaran nya yg joget2 smbil mulut berbusa2,... ngoahahaha...
    Oiya, film pee mak juga keren.
    Bdw, saya sndiri juga kurang tau siapa mario maurer.. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mario Maurer itu Reza Rahadian-nya Thailand. :))

      Hapus
  13. ATM, Suckseed, Top Secret.

    Kalau diluar list ini, Ladaland (horor)
    Cat apa gitu (romantic comedy)
    Ada beberapa tapi lupa judul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cat a Wabb (Cat A.W.O.L.) ya? Belum nonton. Laddaland juga belum sempat ditonton.

      Aku juga sering lupa judul, tapi untung google mau bantu terus. Haha

      Hapus
  14. Gue nggak paham semua sama pilem di atas, Do. Sekarang tau kan betapa kupernya gue dalam dunia yang kejam ini? :(

    BalasHapus
  15. Belom ada yang nontoooon! Yeaaaahh!! Pernahnya film horor yang mati di kali tuh apaan ya namanya. Lupe. Ehehehee. Itu tapi yang One Day kayaknya seru nih. *lalu cari donlotan ilegal* muahahah.

    BalasHapus
  16. Pee Mak bukan, ya? Kalau mati di kolam, The Swimmers.

    BalasHapus
  17. Paling suka sama Hello Stranger, Bang. Mbak anonimnya ngingatin sama diri sendiri yang suka tidur kalau dibonceng. Wkakaka. Sayangnya muka kami beda jauh. Padahal kelakuan udah mirip :(

    Dan gara-gara film itu aku jadi suka sama Chantavit Dhanasevi. Kelakuannya bajingak sekali. Bikin ngakak sampe orgasme! Trus rada imut juga daripada di film ATM Er Rak Error. Ahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau lihat beliau kalem-kalem minta dijitak, coba nonton One Day.

      Hormones sama Coming Soon juga.

      Hapus
  18. suckseed sama billioner favorit gue :))

    BalasHapus
  19. I fine..thank you love you kurang sih menurutku, komedinya banyak yg garing karena terlalu dipaksakan, setengah film udah bosan banget nontonnya, tpi dipaksakan nonton sampe habis karena kesengsem sama kecantikan preecaya doang...klo dibandingin sama atm errak error mah jauh banget, kadar komedi errak error jauh lebih tinggi, jdi sepanjang film ngakak ga bosen2...oiya hello stranger, the billionaire, suck seed, pee mak menurut gw jg seru pake banget

    BalasHapus
  20. FILM THAILAND! AAAAAKKK. AKU SUKAAAA HAHA. DAN 10 FILM THAILAND VERSIMU UDAH AKU TONTON SEMUA. Beneeeerrr. Ini filmnya bagus-bagus!
    Film pertama yang aku tonton itu SuckSeed, dan langsung jatuh cinta sama pemainnya dan film Thailand. Pengen banget bisa ke sana :((

    BalasHapus
  21. Gw rekomendasi bgt sih yg The Billionaire, selain film yg penuh motivasi, film ini juga mengajarkan kita buat jadi org yg gak boleh nyerah gitu aja. Film ini keren bgt.. ya skrng produk tao-kae-noi udah byk kn di minimarket.. ehe..

    BalasHapus
  22. Dari semuanya, aku cuma pernah nonton The Billionaire atau Top Secret.. ceritanya bagus, perjuangannya itu lho yg bikin WAH banget..

    Aku termasuk penggemar film-film Thailand, suka sama logat bicara mereka, senang aja kalau dengar bahasa Thailand.. :)

    #SalamSapa

    BalasHapus
  23. Thai Massage-nya sekalian sampe basah nggak?

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!